Website Resmi RSUD SULTAN IMANUDDIN
Senin
Pukul : 10:17:07

Administrator

| More
Pengukuhan Komitmen Akreditasi Rumah Sakit

Pangkalan Bun, 12 Februari 2017

 

RSUD Sultan Imanuddin berkomitmen penuh dalam melaksanakan Program Menuju Rumah Sakit Akreditasi. Kali ini seluruh pihak Pemilik / Dewan Pengawas, Manajemen, Komite Medik, Komite Keperawatan dan Komite Kesehatan Lainnya melakukan tanda tangan simbolis bahwa seluruh pihak berkomitmen untuk mencapai Rumah Sakit yang Terakreditasi.

Dalam sambutannya, direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr. Suyuti Syamsul, MPPM menyampaikan bahwa target RSSI untuk mencapai akreditasi adalah ditahun ini dengan lulus Paripurna.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk mencapai Akreditasi Paripurna memang tidak mudah, perlu adanya kerja sama seluruh karyawan rumah sakit. Karena Akreditasi RS ini merupakan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh KARS untuk menjaga keselamatan pasien dan petugas rumah sakit itu sendiri.

Disampaikan pula bahwa RSSI berencana melakukan Survey Simulasi Akreditasi pada bulan Mei dan Penilaian Akreditasi akan dilakukan di bulan Desember.

 

APA SIH SEBENARNYA AKREDITASI RUMAH SAKIT ITU ??

 

Tujuan dan Manfaat Akreditasi Rumah Sakit adalah :
1. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Rumah Sakit yang bersangkutan karena berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien.
2. Proses administrasi, biaya serta penggunaan sumber daya akan menjadi lebih efisien.
3. Menciptakan lingkungan internal RS yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien.
4.Mendengarkan pasien dan keluarga.
5. menghormati hak-hak pasien serta melibatkan merek adalah proses perawatan.
6. Memberikan jaminan, kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat atas pemberian pelayanan kesehatan.

 

Apa yang harus di Akreditasi di RS ?

Akreditasi RS versi 2012 terdapat 15 bab/kelompok kerja (Pokja), 323 standar dan 1218 elemen penilaian (EP), antara lain: Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Sasaran Millenium Development Goals (MDGs), Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK), Asesmen Pasien (AP), Pelayanan Pasien (PP), Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), Manajemen Penggunaan Obat (MPO), Manajemen Komunikasi dan Informasi (MKI), Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan (TKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK)

 

Proses penilaian akreditasi meliputi :

A. Sumber data :

Wawancara : Pada pimpinan RS – Pada staf RS – Pada pasien dan keluarga (minimal 4)Observasi : Fasilitas, alat, prosedur tindakan, dllKelengkapan dokumen : Kebijakan/SK, pedoman, standar prosedur operasional (SOP)/Protap, bukti pelaksanaan kegiatan, program kerja, laporan harian, laporan bulanan/harian, dll.

B. Cara penilaian :

Tim penilai (surveyor) akan berada di RS selama ± 3 hari yang terdiri dari 3 orang (manajemen, medis dan keperawatan)Pimpinan RS mempresentasikan program peningkatan mutu dan keselamatan pasien RSDilanjutkan telaah dokumen, telaah rekam medik tertutup dan telaah rekam medik terbuka serta survey lapangan,Penilaian lapangan ditekankan pada telusur pasien untuk di wawancarai/ observasi langsung atas pelayanan kesehatan yang telah/sedang/akan diterima pasien.Dalam waktu yang bersamaan, kelengkapan dokumen akreditasi juga di observasi dan ditanyakan pada jajaran staf dan pimpinan RS.Temuan atas ketidaklengkapan dokumen/ kekurangan mutu pelayanan harus diperbaiki saat itu setelah mendapat rekomendasi surveyor.Telusur lingkungan terhadap fasilitas rsTelusur KPSPresentasi FMEA, Pedoman Praktik Klinis/Clinical Pathways, Risk Manajemen Dan IKP (Insiden Keselamatan Pasien)Wawancara PimpinanExit Conference

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi Komentar

  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

  • RSSI Buka Layanan Pemeriksaan Rapid Test


  • RSSI Lakukan Swab Massal


  • Bupati Kobar Beri Dukungan Moril Kepada Tim COVID-19


  • Menghadapi Pandemic COVID-19, RSSI Lakukan Pelatihan SWAB


  • Tim COVID-19 Lakukan Pengambilan SWAB Pasien OTG di Klinik Kesuma


Polling